√ Tips Bijak Dalam Bermedia Sosial - Yaditekno.com

Tips Bijak Dalam Bermedia Sosial

    Tips Bijak Dalam Bermedia Sosial
    Bijak dalam bermedia sosial itu sangatlah poenting, apalagi pada saat ini banyak sekali pengguna media sosial aktif di seluruh indonesia. Dan dari banyaknya persentase pengguanya, ada juga dampak negatif dari hal tersebut, mulai dari penyebaran hoax dan konten tidak senonong.

    Apalagi saat ini terdapat bencana yang bersifat global, oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk mematui larangan dalam bermedia sosial seperti menyebarkan konten yang tidak terbukti kebenaranya/hoax.

    Apa Yang di Maksud Bijak Dalam Bermedia Sosial?
    Bijak dalam bermedia sosial itu memiliki arti bahwa kita sebagai pengguna dari media sosial haruslah mematuhi aturan yang berlaku. Mulai dari peraturan pihak website ataupun peraturan dari pemerintah.

    Slah satu contohnya adlaah jangan menyebarkan berita yang belum tentu kebenaranya seperti berita hoax. Lantas bagaimana caranya agar kita tau valid atau tidaknya berita tersebut? Jawabnya akan ada pada pembahasan berikut ini.
    Baca Juga: Media Sosial Paling Populer di Indoensia

    Tips Bijak Dalam Bermedia Sosial

    1. Hindari dan Jangan Share Berita Hoax

    Yang paling sering muncul adalah berita hoax, baik tentang ras, agama, maupun negara. Hal itu sangat dilarang oleh pemerintah dan oleh pihak pemilik sosial media sendiri.

    Lalu bagaimana cara untuk mengetahui benar atau tidaknya berita yang diterima? Langkah yang paling gampang adalah dengan cara mencari dulu informasi di google/mesin pencari.

    Dengan begitu, kalian sudah belajar mengenai bijak dalam bermedia sosial. Setelah ini saya berharap kalian tidak lagi asal share berita yang sifatnya sensitif tanpa adanya kebenaranya.

    2. Jaga Etika Dalam Mengemukakan Pendapat

    Selanjutnya adalah kalian harus menjaga etika dalam berkomentar atau memposting sebuah postingan. Pastikan postingan yang di publish tidak mengundang kontroversi pengguna lainya.

    Paling tidak gunakanlah bahasa yang sopan agar tidak mengundang amarah pihak lain. Apalagi sampai menimbulkan kerisuhan, hal ini akan sangat merugikan kita sendiri dan orang lain.

    Lantas bagaimana jika kita menemukan hal seperti itu saat scrool beranda? Mudah saja tinggal laporkan ke pihak yang berwajib atau lakukan report pada postingan yang melanggar. Itu sudah merupakan 1 langkah lagi dalam bijak dalam bermedia sosial.

    3. Jangan Membuat Postingan Yang Bersifat Kontroversi

    Postingan yang bersifat kontroversi? bagaimana maksudnya? Jadi begiji jangan membuat postingan yang mengundang amarah banyak orang, sebagai contoh adalah menyebarkan berita palsu/hoax.

    Jika kita membuat hal yang sensitif, maka bisa jadi orang lain akan share dan menjadikan rantai kebencian yang tiada akhir. Oleh karena itu hindari postingan yang bersifat kontroversial.

    4. Laporkan Postingan Yang Melanggar Aturan

    Jika kalian menemukan ada seseorang yang menyebarkan berita hoax, sebaiknya silahkan laporkan saja demi kebaikan masyarakat luas. Jangan sampai karena kalian tidak melaporkanya, dapat terjadi kesalah pahaman.

    Lalu bagaimana cara untuk melaporkan? Caranya cukup mudah, jika di facebook kalian tinggal klik kanan pada titik tiga di postingan dan pilih laporkan, mudah bukan. Saya berharap kalian bijak dalam bermedia sosial.

    Penutup:

    Cukup sekian tips cara bijak dalam bermedia sosial, saya berharap kalian mengikuti aturan yang ada untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. Cukup jika ada salah kata saya engucapkan mohon maaf yang sebesar besarnya.
    Fadjar ID Blogger Pemula

    0 Response to "Tips Bijak Dalam Bermedia Sosial"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel